Telekomunikasi Militer IMPLEMENTASI SOFTWARE PETA SANDBOX 3D DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER-BASED TRACKING

Teknologi

Authors

  • Rizqi Darma Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Jimmy Sitompul Pustaka Poltekad
  • Imam Ashar Politeknik Angkatan Darat

DOI:

https://doi.org/10.54317/kom.v3iMei.215

Abstract

Teknologi semakin berkembang pesat khususnya di negara Indonesia, salah satunya kemajuan teknologi dibidang militer. Perkembangan teknologi dan fitur yang semakin canggih dapat menunjang berbagai kebutuhan militer dari segi latihan tempur maupun dalam medan perang. Memahami suatu wilayah, lokasi, saat dalam medan perang atau peta secara militer disebut Gladi Peta. Gladi peta secara manual akan menghabiskan waktu dalam menjelaskan maupun memahami penjelasan. Guna mendukung pelaksanaan gladi peta untuk pemanfaatan teknologi dan meminimalisir waktu dalam latihan militer, maka dibuatlah peta Sandbox 3D berbasis Augmented Reality dengan metode marker based tracking. Dengan metode marker based tracking, karakter maupun bentuk 3D dari suatu wilayah seperti gunung, daratan, maupun perairan akan terlihat nampak lebih jelas dan nyata. Hasil karakter dan bentuk 3D akan dikirimkan melalui software ke dalam peta sandbox dengan tampilan yang lebih jelas serta nyata. Dari data hasil karakter tersebut pasukan dapat melihat, mengetahui koordinat, dan memahami struktur wilayah yang akan di lewati saat patroli maupun pertempuran.

 

Published

2022-05-31

How to Cite

Darma, R. ., Sitompul, J., & Imam Ashar, I. A. (2022). Telekomunikasi Militer IMPLEMENTASI SOFTWARE PETA SANDBOX 3D DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER-BASED TRACKING: Teknologi. Jurnal Telkommil, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.54317/kom.v3iMei.215